Update Berita Terbaru 2021

Selasa, 19 Januari 2021

Penyakit Kritis yang Rentan Menyerang Anak Muda

Januari 19, 2021 Posted by mirajudin , No comments


Angka kematian akibat penyakit kritis memang terbilang cukup tinggi di Indonesia. Melihat kondisi tersebut, asuransi jiwa prinsip syariah bisa menjadi pelindung Anda dari segala risiko yang mungkin terjadi di masa depan, termasuk penyakit kritis.

Seperti diketahui, penyakit kritis saat ini bisa menyerang siapa saja tanpa kenal usia, termasuk anak muda. Penyebabnya karena orang-orang cenderung mengabaikan gaya hidup sehat yang seharusnya mereka jalani. Tuntutan hidup yang tinggi juga bisa memicu kemunculan penyakit kritis tersebut.

Berikut merupakan beberapa penyakit kritis yang rentan menyerang anak muda tersebut, check it out:

1. Jantung Koroner

Angka kematian yang disebabkan jantung koroner sangat besar di Indonesia, yakni mencapai 35 persen. Jantung koroner sendiri terjadi karena terdapat aterosklerosis atau timbunan lemak pada arteri jantung yang menghambat proses pengaliran darah.

Timbunan lemak tersebut juga bisa menjadi pemicu munculnya trombosis atau penggumpalan darah. Hal ini tentu bisa memperparah dampak yang ditimbulkan, salah satunya aliran darah ke jantung tertutup sepenuhnya. Akibatnya, jantung tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

2. Stroke

Stroke juga menjadi salah satu penyakit kritis dengan risiko kematian tinggi. Stroke seringkali mematikan sel-sel pada otak karena pembuluh darah tersumbat atau pecah sehingga mengakibatkan aliran darah ke otak menjadi terputus.

Mayoritas penderita stroke biasanya di atas 65 tahun, namun tidak sedikit pula yang menderita stroke di usia yang masih tergolong muda. Di mana, stroke tersebut menjangkiti mereka yang mempunyai kolesterol tinggi, penyakit hipertensi, perokok aktif, dan mereka yang mempunyai gaya hidup tidak sehat. 

3. Diabetes Melitus

Pola hidup tidak sehat menjadi salah satu faktor pemicu munculnya penyakit diabetes melitus. Selain itu, faktor genetik juga bisa memicu seseorang menderita penyakit tersebut. Bahkan, orang dengan riwayat keluarga penderita diabetes, maka lebih berisiko terkena penyakit yang sama di usia muda.

Jika tidak segera ditangani, bisa menimbulkan kemungkinan terburuk, yakni munculnya penyakit komplikasi dari diabetes tersebut. Untuk itulah, Anda disarankan menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang dan tentu saja melakukan pengecekan secara rutin.

4. Kanker

Ada banyak faktor yang membuat seseorang mengidap penyakit kanker antara lain kurangnya asupan nutrisi buah dan sayur, kelebihan berat badan, kurang olahraga, serta biasa mengonsumsi rokok dan alkohol secara berlebihan.

Kanker awalnya merupakan sel kecil yang tumbuh pada jaringan tertentu pada tubuh manusia. Namun, karena tidak ada penanganan yang dilakukan membuat sel kanker terus membelah hingga tidak dapat dikendalikan.

Biasanya, jenis kanker yang paling banyak ditemui adalah kanker payudara, kanker serviks, kanker paru-paru, kanker usus, kanker hati, dan lain-lain.

Melihat begitu besarnya risiko penyakit kritis yang mengancam, banyak orang yang terdorong untuk mencari perlindungan dari segala risiko tersebut. Asuransi jiwa dapat dikatakan merupakan langkah tepat untuk memperoleh perlindungan sekaligus investasi untuk masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar