Update Berita Terbaru 2019

Jumat, 24 Mei 2019

Cara Sederhana Menghitung Kehamilan Tanpa Alat USG

Mei 24, 2019 Posted by mirajudin , , No comments

Usia kehamilan pastinya menjadi hal penting bagi setiap ibu hamil untuk mengetahuinya guna mengambil beberapa keputusan. Jadi penting sekali untuk mengetahui cara menghitung kehamilan yang tergolong sederhana. Tentunya Anda tidak perlu repot-repot mengukur usia kehamilan tersebut dengan alat USG. Cara sederhana yang bisa dicoba seperti berikut ini. 

1. Menggunakan Metode Kalender 
Cara sederhana pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan metode kalender. Dengan metode kalender ini tentunya Anda tidak perlu terlalu mengandalkan alat USG guna mengetahui usia kehamilan. Namun untuk bisa menggunakan metode kalender ini maka banyak sekali yang mesti diperhatikan dan juga diperhitungkan oleh setiap wanita yang sedang hamil. 

Hal pertama yang mesti Anda perhatikan sekaligus diketahui adalah tanggal berapa Anda terakhir kali haid. Hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan tanggal haid terakhir tersebut untuk mulai menghitung menggunakan rumus Naegele. Caranya yaitu tanggal terakhir haid, bulan haid -3 dengan tahun ditambah dengan angka maka akan ditemukan usia kehamilan. 

2. Menggunakan Kalkulator Masa Subur 
Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kalkulator masa subur seperti yang satu ini. Kalkulator masa subur ini sendiri bisa dibilang, merupakan alat yang paling banyak digunakan oleh para ibu hamil. Bukan tanpa alasan karena alat yang satu ini nyatanya dapat mengukur dan mengetahui usia kehamilan dari seorang wanita secara lebih mudah. 

Untuk caranya sendiri tergolong sederhana yaitu Anda cukup sederhana dan mudah yaitu menyentuh area lingkaran dari alat ini. Nantinya alat ini bisa memperkirakan kondisi janin yang berada di dalam rahim Anda. Hal tersebutlah yang nantinya bisa lebih memudahkan Anda untuk menghitung kehamilan yang sedang dikandung tersebut. 

3. Mendetekesi dari Gerakan Janin dalam Perut 
Gerakan janin yang yang ada di dalam perut nyatanya juga bisa dijadikan acuan setiap wanita yang sedang hamil guna mengetahui usia kehamilannya. Contoh sederhananya adalah ketika Anda sudah bisa merasakan gerakan janin di dalam perut tersebut. Apabila sudah sampai ada gerakan maka bisa dipastikan bahwa usia kehamilan memasuki usia 18 hingga 20 minggu. 

Soalnya apabila usia kehamilan masih di bawah tersebut maka gerakan pada janin belum akan terjadi. Sedangkan untuk gerakan berikutnya baru akan terjadi ketika usia kehamilan sudah memasuki usia 16 sampai 18 minggu. 

4. Menggunakan Sistem Fundus Uteri 
Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sistem fundus uteri seperti yang satu ini. Caranya adalah dengan meraba bagian fundus uteri dari wanita yang sesdang hamil terutama pada bagian perutnya. Langkah ini tentu mesti dilakukan dengan hati-hati supaya bisa mengetahui usia dari kehamilan tersebut. 

Dengan semua penjelasan di atas, pastinya akan lebih mudah bagi Anda untuk menghitung kehamilan tanpa harus menggunakan alat USG. Namun apabila Anda masih ingin mencari informasi penting lainnya maka Orami Magazine bisa dijadikan jawabannya. Anda hanya perlu mengunjunginya di orami.co.id. 

0 komentar:

Posting Komentar