Update Berita Terbaru 2019

Selasa, 23 April 2019

Sejumlah Masalah Kesehatan dari Penggunaan Obat Pencahar untuk Menurunkan Berat Badan

April 23, 2019 Posted by mirajudin , No comments

Untuk menurunkan berat badan, banyak orang melakukannya dengan mengurangi apapun yang mereka miliki di dalam tubuh. Cara yang paling umum dimiliki adalah dengan berolahraga secara keras untuk menguras keringat dan mengurangi lemak berlebih di dalam tubuh. Namun beberapa orang lain coba melakukannya dengan berbeda.

Salah satu hal aneh yang pernah dicoba oleh beberapa orang untuk mengurangi berat badan adalah dengan mengonsumsi obat pencahar. Beberapa orang ini berpikir bahwa mereka bisa mengurangi berat badan dengan mengosongkan perut secepat-cepatnya.

"Hal ini merupakan mitos lama yang tak kunjung menghilang," ungkap Dr. Neilanjan Nandi, pakar gastroenterologis di Drexel Medicine dilansir dari Women's Health.

"Pencahar merupakan ide yang buruk untuk mengurangi berat badan. Obat ini tidak efektif juga berbahaya," jelasnya.

Tidak efektifnya penggunaan pencahar untuk menurunkan berat badan ini disebabkan karena cara kerja dari obat ini terhadap tubuh. Ketika kamu mengonsumsi pencahar, yang kamu dapatkan adalah saluran pembuangan yang terlubrikasi serta menstimulasi usus untuk membersihkannya.

"Kamu mungkin merasa kehilangan berat badan karena rasa ringan yang kamu alami, namun kamu tidak membakar kalori atau menghilangkan lemak, sehingga perasaan 'kehilangan berat badan' yang kamu alami bersifat temporer dan tidak nyata," ungkap Dr. Nandi.

Ketika kamu mengonsumsi obat pencahar, sesungguhnya yang berkurang dari tubuhmu adalah air, sedikit kotoran, dan sama sekali tidak ada lemak yang menghilang.

"Menghilangkan lemak dari tubuhmu membuatmu seketika tampak lebih kurus karena lebih sedikit cairan yang ada pada tubuhmu," jelasnya.

"Namun hal ini bisa mempercepat kamu mengalami dehidrasi dan ketidakimbangan elektrolit," sambung Dr. Nandi.

Dua hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah seperti pusing, tekanan darah rendah, serta kelelahan. Mengonsumsi pencahar juga dapat memperlambat metabolisme di tubuhmu.

Dengan mengonsumsi pencahar secara teratur, maka kamu membuat otot organ dalam dan usus jadi melemah. Hasilnya kamu malah bisa mengalami konstipasi dan tak mampu untuk buang air besar secara alami.

"Tubuhmu bakal berhenti buang tinja secara alami dan kamu bakal mengalami konstipasi yang sangat sulit untuk ditangani," jelas Dr. Nandi.

Obat pencahar ini bukanlah cara yang baik dan instan dalam menurunkan berat badan secara cepat. Dampak buruk yang ditimbulkan cara ini bagi kesehatan juga bisa menimbulkan masalah kesehatan serius.

0 komentar:

Posting Komentar