Update Berita Terbaru 2019

Rabu, 27 Maret 2019

Museum Pemakaman di Wina Perkenalkan LEGO Bertema Kematian untuk Edukasi

Maret 27, 2019 Posted by mirajudin , No comments

Menjelaskan konsep kematian kepada anak merupakan PR tersendiri bagi orang dewasa. Hal ini biasanya baru dilakukan ketika si anak menghadapi kematian anggota keluarga terdekat. Padahal mempersiapkan anak sejak dini dengan pemahaman yang memadai mengenai kematian dan pemakaman akan membantu mereka lebih siap dalam menghadapi berbagai kemungkinan di masa depan.

Berangkat dari kesadaran akan pentingnya mengajarkan konsep kematian secara tepat kepada anak, Bestattungsmuseum memperkenalkan set LEGO bertema kematian. Bestattungsmuseum adalah museum pemakaman yang berada di area pemakaman pusat Wina, Austria. Set LEGO yang mereka rilis menampilkan berbagai adegan yang menggambarkan suasana pemakaman jenazah.

Tujuan mereka memperkenalkan LEGO bertema pemakaman ini adalah membantu para pengunjung usia muda untuk lebih memahami konsep kematian yang selama ini sulit dijelaskan oleh orang dewasa.

"Kami membuat produk pertama yang terbuat dari komponen LEGO pada tahun 2016," kata juru bicara Bestattungsmuseum, Dr. Florian Keusch kepada Bored Panda. "[Produk] pertama adalah trem bersejarah yang membawa jenazah ke kuburan pusat Wina dan digunakan di Wina pada masa Perang Dunia pertama dan kedua. Trem ini disasar untuk para kolektor, dan kemudian kami membuat truk dan mobil jenazah."

Pada tahun 2018, Dr. Keusch dan rekan-rekannya memperkenalkan produk set LEGO yang baru untuk menanggapi respon para pengunjung museum yang ternyata cukup baik. Hadirlah set LEGO yang menampilkan adegan di krematorium dan adegan pemakaman dengan jenazah dari LEGO.

"[Mainan-mainan] ini dibuat oleh perusahaan Austria. Kami menciptakan desainnya bersama mereka dan mereka memproduksi kemasan, petunjuk pemakaian, lalu mengatur dan memasang LEGO di dalam kotak. Ini bukan produk LEGO yang resmi, jadi kami menyebutnya dengan nama lain, misalnya 'krematorium yang terbuat dari komponen LEGO'."

"Kami telah menggandeng Asosiasi Psikoterapis Wina dan memastikan bahwa produk baru yang terbuat dari komponen LEGO ini berguna untuk terapi dengan anak-anak, juga untuk orang tua dan anak mereka yang tengah berduka. Dengan produk-produk ini, mereka dapat menggambarkan prosesnya dan anak-anak dapat memproses kesedihan mereka."

Saat ini ada tiga set produk baru yang tersedia di pasaran. Masing-masing dibanderol dengan harga mulai dari 50 hingga 90 euro.

Berita tentang set LEGO bertema kematian ini telah menjadi perhatian internasional dan mendapat respon positif.

"Hanya 0,00001 persen yang tidak suka, karena mereka hanya membaca judul LEGO crematoria dan tidak memahami maksud di balik produk-produk ini," katanya lagi. 

0 komentar:

Posting Komentar